Author

Nobody Knows (Dare mo shiranai), film asal Jepang garapan Koreeda Hirokazu ini mencuri perhatian saya. Awalnya saya iseng-iseng mencari...

Review Film : Nobody Knows (2004)


Nobody Knows (Dare mo shiranai), film asal Jepang garapan Koreeda Hirokazu ini mencuri perhatian saya. Awalnya saya iseng-iseng mencari film bertema keluarga. Dan saya menemukan film ini. Katanya terinspirasi dari kisah nyata.

Berawal dari seorang ibu single parent pindah kesebuah apartemen bersama anak laki-lakinya. Semua terlihat biasa-biasa saja. Sampai akhirnya sang ibu dan anak laki-lakinya itu membuka dua koper besar bawaan mereka. Betapa terkejudnya saya, isi dari kedua koper tersebut adalah seorang anak perempuan seusia lima tahun dan seorang anak laki-laki yang lebih muda darinya. Dan tak lama kemudian, anak tertua menjemput adik perempuan tertuanya di stasiun.

Ternyata sang ibu berniat menyembunyikan ketiga adiknya. Dikarenakan ketiga adiknya adalah anak ilegal. Mereka tidak dipublikasikan dan tidak pergi kesekolah. Kehidupan mereka penuh sembunyi-sembunyi. Sampai suatu hari, sang ibu meninggalkan mereka untuk urusan pekerjaan. Mereka diberikan cukup uang untuk hidup. Namun diluar dugaan, sang ibu pergi lebih lama dari yang dijanjikan. Mereka pun harus berhemat. Disaat uang habis, sang ibu pun kembali. Namun hanya sebentar, dan kembali memberikan uang. Tetapi kali ini sang ibu tidak kunjung kembali. 

Semua yang tadinya baik-baik saja mulai kacau balau. Mereka tak terurus, kekurangan uang dan kebutuhan. Mereka harus bertahan hidup.

Film ini sangat bagus dan menyentuh. Mungkin sebagian besar dari kalian yang menonton film ini akan merasa murka dengan sang ibu yang meninggalkan mereka. Para pemainnya meskipun masih muda dan masih anak kecil, mereka benar-benar memainkan peran mereka sangat baik. Sang sutradara pun mengemas film ini dengan sangat baik. Realistis sekali.

Berdasarkan IMDB film ini memenangkan 13 awards dan 10 nominations. Sugoii~

Segitu saja review kali ini. Siapa tau kalian tertarik untuk menontonnya. Selamat menonton!





Author: Bela Pertiwi Larashati

0 komentar: