Author

Halo semuanya! Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu kepada kalian semua yang mampir ke bolg saya. Tutorial kecil-kecilan pertama di b...

Menyusun Kalender Dengan Photoshop!

Halo semuanya!
Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu kepada kalian semua yang mampir ke bolg saya. Tutorial kecil-kecilan pertama di blog saya ini mengenai cara membuat kalender menggunakan photoshop.
Sebenernya bukan membuat kalender sih, lebih tepatnya menyusun tanggal agar rapih. Biar gak repot-repot susun satu per satu tanggalnya.
Oke langsung saja kita mulai tutorialnya!

Pertama-tama buka dulu photoshopnya, klik file kemudian new. Karena saya ingin membuat kalender meja berbentuk landscape A5, jadi ukurannya ikutin seperti di bawah yaa.



Kemudian, ketik “Minggu” pada kanvas menggunakan Horizontal type tool. Dan gunakan rata kanan. Seperti ini



Gunakan move tool, klik “Minggu”. Tekan alt, kemudian geser mouse kalian.

Ulangi sampai jumlah “Minggu” ada tujuh. Tak apa berantakan.

Kemudian gunakan Horizontal type tool, ganti semua “Minggu” menjadi Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu kemudian rubah warnanya menjadi hitam. Kecuali minggu yang pertama kali kita buat yaa.

Selanjutnya, pilih semua hari pada layer. Gunakan Move tool juga. Seperti di bawah.


Nanti akan muncul seperti ini


Pilih Align Vertical Center


Kemudian pilih Distribute Horizontal Center


Taraaah, sekarang harinya berbaris rapih!


Kemudian kita masukin ke grup untuk mempermudah pekerjaan kita.



Kita duplikat grup harinya menggunakan cara yang sama saat menduplikat hari Minggu tadi.



Pilih semua grup hari


Pilih Align Left Edges


Kemudian pilih  Distribute top edges


Sekarang barisannya jadi rapih lagii


Sekarang rubah semua harinya menjadi tanggal. Tapi yang barisan paling atas jangan loh.


Jadi deh kalender meja untuk bulan Januari ! Sekarang tinggal pikirkan desain sesuai selera kalian. Jangan lupa beri keterangan hari libur nasional ya.
Ini desain kalender saya.


Mana desain kamu?
Semoga tutorial dari saya ini bermanfaat bagi para pembaca ya. Tunggu lagi tutorial dari saya yang selanjutnya! Sampai jumpaaa…



Author: Bela Pertiwi Larashati

0 komentar: